SELAMAT DATANG, SELAMAT BERSELANCAR & JANGAN LUPA WAKTU -- [D'CITRUNZ CREW] --

23/08/10

Tips Sebelum Membeli Keyboard

Jika ingin membeli alat musik ini, maka loe mesti menetapkan, untuk kebutuhan apa loe membelinya ? Karena ada berbagai macam jenis dan kegunaan alat musik ini.
Apakah membelinya hanya sekedar untuk hiburan di rumah, untuk menata musik di studio, untuk organ tunggal, untuk band/kursus dan masih banyak lagi.
Nah agar loe tidak salah baik dalam membeli maupun memilih keyboard, berikut berapa tips yang layak menjadi pertimbangan loe :

1. Home Entertainment
Jika untuk di rumah, berarti loe tidak begitu memerlukan keyboard yang sangat canggih. Mungkin yang loe butuhkan ialah
- Bisa menyimpan berbagai macam style (musik pengiring) buatan/custom di samping style preset bawaan keyboard. Fitur style editor tidak terlalu di perlukan, apabila loe memang tidak berniat/tidak sempat untuk belajar membuat style sendiri. Dengan keyboard tanpa style editor/composer, Loe harus membeli atau mendownload style-style buatan orang lain. Carilah tipe keyboard yang sudah banyak digunakan oleh banyak orang, karena ini memudahkan loe untuk mencari style di kemudian hari.
- Punya fasilitas Song/Sequencer Midi. Ini mungkin wajib, jika loe belum terlalu bisa bermain keyboard. Maka fungsi keyboard loe bisa difungsikan seperti karaoke untuk mengiringi loe beserta keluarga menyanyi.
- Untuk hiburan di rumah rasanya tidak perlu menggunakan sound system terpisah. Berarti loe cuman butuh keyboard yang output dari internal speaker keyboardnya aja. Paling tidak volume dari si speaker tersebut tidak tertutup apabila seluruh anggota keluarga bernyanyi. Tapi volume internal speaker ini, jangan seperti di paksa.

2. Studio/ Recording/ Penata musik
- Disarankan Keyboard tersebut mempunyai fasilitas sound edit. Ini sangat mempermudah loe dalam mencari dan membetuk sound baru ciri khas loe.
- Carilah keyboard yang menyediakan sound yang FLAT, atau nature. Tidak terlalu banyak eq pada outputnya. Ini mempermudah pada proses mixing.
- Style editor/composer tidak di wajibkan, karena dengan fasilitas MIDI loe bisa menata musik lewat media sequencer lain.
- MIDI di wajibkan. Minimal loe akan menggunakan koneksi MIDI untuk synchronize dengan sequencer/media rekam.

3. Organ Tunggal

Jika digunakan untuk organ tunggal, maka akan sangat kompleks, meliputi :
- Bisa untuk mengakomodir berbagai jenis lagu.
- Sound output harus bagus. Bagus di low, mid dan high.
- Ukuran dan bobot keyboard di sarankan yang bisa memudahkan loe untuk mobile. Tidak terlalu berat, tidak terlalu ringkih, dll.
- Sebaiknya menggunakan keyboard yang punya fasilitas Style editor, karena nantinya belum tentu style yang loe butuhkan tersedia di tempat lain, jadi loe bisa membuat style-style yang loe butuhkan lewat style editor ini.
- Untuk beberapa daerah, ada fanatisme merk yang tertanam di masyarakat. Pertimbangkanlah apakah ingin mengikuti trend merk yang berkembang di daerah loe atau mau mencoba menggunakan merk lain yang belum pernah ada.
- Jika loe menggunakan jasa player independent atau player sewaan, tanya kepada player tersebut dan beberapa player lain, merk dan tipe apa yang paling mereka sukai dan kuasai.

4. Band

Untuk aplikasi band, mungkin paling sederhana. Loe hanya perlu memperhatikan sound-sound yang tersedia pada keyboard tersebut. Dan sesuaikan dengan kebutuhan jenis musik band loe.

5. Media Penyimpanan

Saat ini, teknologi media penyimpanan sudah sangat beragam. Ada baiknya loe mempertimbangkan, apakah nantinya loe membutuhkan media penyimpanan yang besar atau tidak. Karena ada beberapa jenis/tipe keyboard telah menyediakan memory internal. Mulai dari disket, flash disk sampai berbagai jenis memory card.
6. Tuts
Jumlah Tuts harus loe perhatikan, jika loe tidak terlalu sering atau bahkan tidak pernah memainkan part piano, berarti loe belum membutuhkan keyboard yang tutsnya lebih dari 5 oktaf (61 Tuts).Jika loe membeli keyboard untuk latihan piano di rumah, belilah digital piano atau keyboard yang tutsnya hammer action. Tuts hammer ini terasa lebih “berat” ketika di tekan, dan hampir mirip dengan tuts piano asli.
7.Pelayanan Purna Jual / Service center
Hal ini sangat penting dan layak jadi pertimbangan loe. Apakah mudah mencari service center dan bagaimana ketentuan-ketentuan Garansi keyboardnya.apabila terjadi kerusakan atau gangguan terhadap keyboard yang akan loe beli nanti.
8. Baru Atau Second
Untuk keyboard baru, cek status garansinya. Kalau second, loe harus cek dengan teliti keadaan barang tersebut. Tidak ada salahnya mengajak rekan loe yang berprofesi sebagai player keyboard yang sekaligus mengerti tentang elektronik.
9. Paket Penjualan
Apakah loe mendapatkan perangkat lain selain keyboard ? Misalnya stand/kaki, softcase (tas), dll. Periksa kelengkapan aksesoris keyboard sampai ke CD Drivernya harus diperhatikan. Jika tidak ada, tanyakan kepada si penjual.
10. Referensi
Carilah referensi sebanyak-banyaknya tentang kelebihan dan kekurangan keyboard yang akan loe beli. Karena teknologi tidak ada yang sempurna, semua pasti ada keterbatasan dan kekurangan. Maka belilah keyboard yang sesuai dengan kebutuhan loe.
11. Harga
Sebelum memutuskan untuk membeli, jangan sungkan untuk survey harga di beberapa toko serta tetapkanlah anggaran untuk membeli keyboard tersebut.
 
sumber: http://simphonymusic.com/

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts