SELAMAT DATANG, SELAMAT BERSELANCAR & JANGAN LUPA WAKTU -- [D'CITRUNZ CREW] --

19/08/10

Laboratorium Orfields – Tempat Paling Tenang di Bumi

Dipublikasikan oleh Neil Middlemiss pada 18 Desember 2007

Kita sulit menemukan yang namanya ketenangan karena banyaknya orang yang bergerak dan suara mesin-mesin. Namun di Minnesota, ketenangan sesungguhnya dapat ditemukan dan ini ada dalam sebuah ruangan. Ruangan tanpa suara ada di Laboratorium Orfield dan bahkan mendapat penghargaan oleh Guiness Book of Records sebagai tempat paling tenang di bumi.

Bagaimana cara kerjanya? Laboratorium Orfield memiliki enam ruang/bilik kedap suara yang mana ruangan tersebut mengapung di atas susunan balok kayu dan di atasnya terdapat pegas. Kelima bagian dengan bentuk yang sama mengelilingi ruangan. Kedua bilik dibuat dari sekat baja. Bilik kedap suara tersebut diproduksi oleh Perusahaan Eckel (perusahaan pembuat bilik kedap suara terbesar di Negara Bagian tersebut).

Kedua ruangan baja tersebut terhubung dengan sebuah ruangan besar yang dibangun dengan dinding tebal yang kokoh dan ada plafon/langit-langit. Ruangan yang lebih kecil diisi dengan sepanjang 3,3 kaki irisan kaca fiber akustik yang tebal. Ketika diukur oleh ahli pada 21 Januari 2004 tingkat suara yang dihasilkan adalah -9,4 dB (dengan A-weighting), dan mendapat julukan sebagai tempat paling tenang di bumi. Sebagai perbandingan, batas terendah kemampuan mendengar manusia sekitar 0 dB.
Semua gaung/gema hilang. Semua suara yang datang bukan dari dalam diri kita tidak terdengar. Setelah beberapa saat di dalam bilik kedap suara, kita akan terkejut. Mendengar detak jantung kita, tekanan darah kita, suara dengungan telinga kita sendiri, dan fungsi tubuh yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Semuanya benar-benar tenang, kita kehilangan rasa akan ruang dan sekeliling kita. Tidak adanya suara pantulan dan gaung/gema menjadikan kita lebih 'mengenal' diri kita.
Bilik kedap suara mendapat sertifikasi dari NIST (National Institute of Standards and Technology) di bawah NVLAP (National Voluntary Laboratory Accreditation Program). Sertifikasi ini yang menjadi alasan mengapa Guinnes memberikan penghargaan dan ini merupakan satu-satunya ruangan kedap suara yang memiliki sertifikasi (dibandingkan perusahaan lain) di Amerika. 
 Laboratorium Orfield memiliki sejarah panjang dalam perjalanannya. Awalnya mereka membeli Studio Sound 80, sebuah studio di mana Bob Dylan merekam albumnya “Blood on The Tracks”. Sound 80 kemudian menjadi studio rekaman digital multi-track pertama. Mereka memiliki sebuah konsep yang dinamakan Arsitektural Dinamis, artinya pencahayaan, suara, dan suhu akan berpengaruh pada capaian di tempat kerja. Laboratorium Orfield berfungsi pula sebagai pusat penelitian akustik untuk produk yang lebih luas, seperti motor, mesin pencuci, dan katup jantung tiruan.

*Thanks to Steve Orfield of Orfield Labs for providing the information contained in this article.
Source: Orfield Laboratories

http://www.audiojunkies.com/blog/902...h-orfield-labs
Keterangan: tulisan ini telah diedit untuk memudahkan pembaca memahami isi.

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Wahduh kalau -9,4dB gimana tuh.... kita akan mendengan seluruh aktivitas tubuh kita... hehehheh pasti asyik jadi pgen kesana.

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts