SELAMAT DATANG, SELAMAT BERSELANCAR & JANGAN LUPA WAKTU -- [D'CITRUNZ CREW] --

07/04/11

10 Cara yang Benar Minum Air

1. Minum air ketika Anda bangun.
Ketika tidur, tubuh kita akan kehilangan banyak air. Jadi minumlah segelas air sebelum tidur dan setelah bangun tidur. Secara alami, haus akan terasa setiap kita bangun tidur (pagi2. Minum air di pagi hari membantu mengeluarkan racun yang telah terakumulasi sepanjang malam.


2. Minum 8-12 gelas per hari.
Menurut Mayo Clinic, manusia membutuhkan 8-12 gelas air per hari. Dr Robert Tanchanco mengatakan bahwa kita harus memonitor warna urin. tapi, maksimum minum 16 gelas air per hari.

3. Minum sedikit demi sedikit sepanjang hari.
Adalah lebih baik untuk minum air sepanjang hari daripada minum dua gelas sekaligus. Hal ini akan memperkecil tekanan pada jantung (terutama jika Anda memiliki penyakit jantung) dan memberikan tubuh lebih banyak waktu untuk menyerapnya.

4. Jangan tunggu sampai haus untuk minum air.
Pada saat kita merasa haus, kita mungkin sudah kehilangan 2 -4 gelas air di bwah kebutuhan normal tubuh.

5. Minum air putih, bukan minuman soda (softdrink), alkohol atau kopi.
Beberapa ahli percaya bahwa teh, soda dan kopi bisa berpotensi dehidrasi. Selain itu, fosfor tinggi dan kadar gula dalam minuman cola dapat menyebabkan kondisi seperti osteoporosis dan diabetes. Satu studi menunjukkan bahwa orang dewasa yang minum enam cangkir kopi setiap hari mengalami dehidrasi ringan. Minum alkohol jauh lebih buruk karena sebenarnya terjadi dehidrasi dan akan membuat sering kencing.

6. Melatih anak untuk minum air.
Biasakan kepada anak2 untuk minum air putih sejak dini. Pastikan bahwa anak-anak minum air yang cukup ketika mereka sedang aktif. Sebagai contoh,sertakan satu botol (600ml) air putih dengan kotak makan siang mereka.
7. Minum lebih banyak ketika (di daerah) panas.
Masyarakat yang tinggal di daerah seperti jakarta atau Surabaya hendaknya peduli dengan kondisi ini. Orang2 yang tinggal di daerah panas seperti ini cenderung berpotensi mengalami batu ginjal.

8. Minum lebih banyak ketika berolahraga.
Ketika berolahraga, minumlah air lebih banyak untuk menggantikan hilangnya cairan. Minumlah 500-600 ml air untuk waktu olahraga 1 jam.

9. Minum lebih banyak bila ketika sakit.
Meskipun malas dan mual, kita benar-benar harus minum lebih banyak air untuk membantu tubuh cepat pulih dari berbagai infeksi. Jika kita mengalami dehidrasi, kita akan merasa jauh lebih buruk dan akan bertambah sakit.

10. Minum lebih banyak untuk wanita hamil.
Wanita yang sedang hamil atau menyusui membutuhkan cairan untuk tetap terhidrasi. Institute of Medicine merekomendasikan bahwa wanita hamil minum 10 gelas sehari-hari dan wanita yang menyusui mengambil di 13 gelas sehari.


sumber: kaskus.us

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Popular Posts